Wednesday, April 12, 2006

Saudagar Buku dari Kabul

Judul Buku : Saudagar Buku dari Kabul
Penulis : Asne Seirstad
Penerbit : Qanita PT Mizan Pustaka

Sebuah Kisah dari Negeri Islam sisa-sisa perang saudaraAda yang istimewa ketika membaca tulisan wartawati asal Rusia ini. Kisah seorang Sulthan yang diangkatnya dari kejadian nyata dengan pengalamannya mengikuti setiap personal dari tokohnya, memperlihatkan kecerdasannya menangkap isi pikiran seseorang.
Kali ini Asne Seirstad. berusaha membuka mata kita akan sebuah relaitas kehidupan masyarakat Afganistan yang masih terpuruk dalam kemiskinan dan penderitaan setelah berakhirnya rezim Taliban di negeri yang sarat akan ranjau dan wanita berburkak
Sulthan Khan sang tokoh utama dalam buku ini merupakan saudagar buku yang memiliki idealisme dalam menyelamatkan kebudayaan dan susastra negerinya, sementara serangkaian diktator berusaha menghancurkannya. Namun, sosok Sulthan sebenarnya juga merupakan diktator sejati bagi keluarganya yang tak urung melengkapi setiap luka hati semua kerabat. Kekayaan menjadi sebuah simbol yg ingin senantiasa diraihnya tanpa ingin dibagi bersama keluarganya, tidak satupun kecuali sang istri muda.
Buku ini secara acak menceritakan tentang “perbudakan wanita” yang terbelenggu dengan topeng ajaran Islam, Kemiskinan yang berkepanjangan, keterbatasan pendidikan dengan momok keangkuhan orangtua, Budaya perkawinan dan pemilihan jodoh yang menjadi kebiasaan masyarakat Afgan, hingga kecintaan yang salah kaprah pada sosok Ali Bin Abi Thalib ra. Menarik sekali untuk diikuti setiap kisahnya. Karena masing-masingnya dialami oleh setiap tokoh dengan karakter berbeda, namun dengan pola pikir yang sama yaitu dalam tekanan “sang buku sejarah berkaki dua” Sulthan Khan.Akhir ceritanya sungguh tidak terduga....Simak sendiri saja bukunya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home